Macam Macam Perangkat Keras Komputer serta Fungsinya

Macam Macam Perangkat Keras Komputer serta Fungsinya

Perangkat komputer pada umumnya secara garis besar terdiri dari 2 bagian , yaitu perangkat lunak atau biasa disebut juga software dan perangkat keras atau biasa disebut juga hardware . Perangkat keras atau hardware sendiri adalah komponen fisik yang membentuk sebuah sistem komputer , jadi lebih mudahnya hardware adalah semua bagian fisik komputer . Sedangkan perangkat lunak atau software adalah bagian atau komponen dari komputer yang memiliki bentuk digital , tidak berwujud fisik dan tidak bisa disentuh namun kita tetap bisa menggunakan serta melihat dan mengeditnya . Jadi intinya hardware adalah bagian fisik dari komputer sedangkan software adalah bagian digital dari komputer .

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer : 

1. Motherboard
Macam Macam Perangkat Keras Komputer serta Fungsinya


Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain sebagainya. Dalam istilah bahasa Indonesia, motherboard diterjemahkan sebagai ‘papan induk’, atau sering juga disingkat menjadi mobo. Motherboard sendiri bisa dibilang sebagai sebuah jantung pada komputer

2. Processor
Image result for Processor
Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.

Pada dasarnya, processor berfungsi untuk memproses inputan data menjadi keluaran berupa output. Processor sendiri terletak pada motherboard. Terdapat tiga bagian penting dari processor, yaitu Arithmatics Logical Unit (ALU) yang berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika sesuai instruksi program, Control Unit (pengatur input dan output data), serta Memory Unit (alat penyimpan data).

3.Harddisk

Related image

Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan sekunder. Dalam sebuah harddisk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi menampung data-data secara magnetis. Berbeda dengan RAM yang menyimpan data atau intruksi secara sementara (hilang ketika komputer dimatikan), harddisk akan menyimpan data seperti musik, dokumen, gambar, video, dll secara permanen (tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan, kecuali dihapus pengguna).

4. Monitor 
Image result for monitor

Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Tiap merek monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang paling umum saat ini adalah monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).

5. VGA Card

VGA card

VGA atau Video Graphic Adapter adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor. VGA juga memiliki processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit). Biasanya perangkat keras yang satu ini sangat dibutuhkan, khususnya bagi gamer maupun designer.

6.RAM

Image result for ram
RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Jadi ketika komputer dimatikan, data maupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate

7.Keyboard

Image result for keyboard keren

Keyboard merupakan papan kunci yang terdiri dari berbagai deretan huruf , angka dan karakter . Keyboard biasa digunakan untuk menginput data atau membuat sebuah dokumen pekerjaan , terdapat berbagai jenis keyboard, antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.

8.Mouse
Image result for mouse keren

Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.. Perangkat ini dinamakan mouse, karena bentuknya yang menyerupai seekor tikus. Seringkali mouse juga disebut dengan istilah ‘tetikus’ dalam bahasa Indonesia. Terdapat banyak jenis-jenis mouse, diantaranya adalah : mouse serial, mouse PS2, mouse USB dan mouse wireless.

9.Power supply

 Image result for power supply keren
Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke komponen-komponen lain seperti motherboard, processor, VGA, dll. Lebih mudahnya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya

10. PC Cooler / Heatsink
Image result for pc cooler
PC cooler/ heatsink merupakan perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer. Agar proses mendinginkan panas yang dihasilkan komputer bisa berlangsung secara optimal, heatsink harus dipasang di atas processor, kemudian juga diberikan gel atau pasta agar heatsink ini bisa menempel dengan baik.

Sebenarnya masih ada banyak sekali kumpulan perangkat keras komputer lainnya seperti SSD , Optical drive , printer , sound card , scanner , Proyektor LCD , speaker , konektor casing,modem dan lain sebagainya . Namun di postingan ini saya hanya memberikan contoh perangkat keras / hardware yang paling umum saja , nah untuk macam macam perangkat lunak komputer beserta fungsinya akan saya posting nanti dalam artikel yang berbeda .

Update post : Macam Macam Perangkat Lunak Komputer serta Fungsinya
Judul: Macam Macam Perangkat Keras Komputer serta Fungsinya
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Roland Dio






Related Post :
Posted by Roland Dio , Published at Minggu, Februari 11, 2018 and have 0 komentar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar