7 Kesalahan SEO yang Sering Dilakukan Pemula

7 Kesalahan SEO yang Sering Dilakukan Pemula


7 Kesalahan SEO yang Sering Dilakukan Pemula

7 Kesalahan SEO yang Sering Dilakukan Pemula - Tidak dapat dipungkiri bahwa SEO merupakan salah satu aspek yang terpenting dalam sebuah blog /website . Karena apabila kita tidak melakukan teknik optimasi SEO yang benar maka blog kita akan kesulitan untuk bersaing di mesin pencari seperti google , bing , yahoo dan berbagai mesin pencari lainnya .

Memahami tentang SEO (Search Engine Optimization) jelas cukup rumit karena dari waktu ke waktu teknik SEO kian berubah sesuai dengan situasi . Selain itu google kian makin cerdas dalam menilai mana blog yang pantas untuk mendapatkan peringkat tertinggi dan blog mana yang tidak pantas . Nah apabila anda merasa telah melakukan teknik SEO dengan baik dan benar namun blog anda masih saja tetap sepi pengunjung mungkin artikel 7 Kesalahan SEO yang Sering Dilakukan Pemula ini dapat anda disimak untuk mengetahui apakah teknik yang telah anda gunakan sudah benar atau tidak .

1. Belajar SEO tidak dari dasar
Perlu diketahui bahwa mempelajari SEO dari awal sangat penting bagi para pemula . Memahami teknik dasar SEO , apa itu SEO ,apa itu SEO onpage dan offpage , backlink , SEO blackhat dan SEO Whitehat serta bagaimana cara kerja mesin pencari seperti google , bing dan lain sebagainya jelas perlu anda pahami . 

Karena apabila anda tidak memahami dasar dasar tentang SEO ujung ujungnya anda akan bingung dan menggunakan teknik SEO yang salah . Apabila anda kesulitan anda bisa bertanya tanya kepada seorang master SEO yang sudah terbukti pengalamannya namun jangan langsung percaya begitu saja dengan tutorial SEO yang disediakan blogger blogger yang tidak jelas asal usulnya . 

2. Belajar SEO tidak step by step
Untuk dapat mempelajari SEO tentunya tidak mudah dan memerlukan proses yang tidak instant . Salah satu kesalahan SEO yang sering dilakukan pemula adalah mempelajari SEO tidak step by step , step by step yang saya maksudkan disini adalah tidak mempelajari seo selangkah demi selangkah . baru belajar basic tentang SEO namun sudah ingin mempelajari untuk tingkat yang lebih sulit / tingkat tingkat yang lebih lanjut , bagus memang karena memiliki niat untuk belajar namun belajar SEO seperti itu hanya akan membuat anda menjadi pusing dan membuat anda tidak paham sama sekali .

Contohnya begini saja , saat anda makan nasi pasti anda makan nasi sesuap demi sesuap bukan sampai nasi nya habis ? tidak mungkin anda sekali makan nasinya langsung habis seketika itu juga . Bahkan anak bayi saja akan belajar merangkak terlebih dahulu tidak mungkin akan langsung belajar lari bukan ?  sama halnya seperti belajar SEO , belajar SEO juga harus dilakukan secara bertahap selangkah demi selangkah dari dasar. 

3. Membuat Konten tidak Berkualitas 
Malas mengetik sehingga hanya membuat konten secara asal tanpa memperhatikan kualitas konten adalah kesalahan umum yang sering dilakukan pemula . Perlu anda ketahui bahwa anda sangat perlu memperhatikan panjangnya artikel , kualitas gambar dan video , pemilihan keyword , deskripsi , link dan bagaimana tutur kata serta bahasa yang baik dan benar sehingga orang lain akan senang membaca postingan yang telah kita buat  . 

Apabila anda hanya mementingkan jumlah konten yang banyak namun tidak memperhatikan sama sekali kualitas konten di blog anda maka saya rasa konten yang terdapat di blog anda hanya akan menjadi konten yang sia sia karena tidak akan mampu bersaing di mesin pencari . 

4. Tidak Menggunakan Google webmaster tools
Google webmaster tools adalah salah satu tools yang disediakan oleh google untuk memonitor bagaimana performa blog kita di mesin pencari . Dengan menggunakan tools ini kita bisa mengecek kata kunci yang sedang trending , backlink , berbagai macam error dan lain sebagainya . Tentunya kesalahan fatal bila tidak memanfaatkan tools yang satu ini . 

Untuk menggunakan tools ini anda bisa lihat situs : https://www.google.com/webmasters/tools/home

5. Duplikat Konten
Duplikat konten adalah kesalahan lainnya yang sering dilakukan blogger pemula.Duplikat konten umumnya mengacu ke blok substantif konten dalam atau di domain yang baik benar benar cocok dengan konten lainnya  Duplikat konten hanya akan membuang buang waktu search engine selain itu duplikat konten juga melanggar kebijakan yang dibuat google , jadi apabila anda memiliki beberapa URL di satu situs dengan isi yang sama sebaiknya buang salah satunya. 

6. Menggunakan Banyak Javascript
Pada umumnya javascript dapat digunakan secara efektif dalam banyak cara dalam desain sebuah website / blog . Masalah yang terjadi adalah mesin pencari seperti google , bing dan lain sebagainya tidak tau bagaimana membacanya . Jadi pastikan anda hanya menggunakan javascript seperlunya saja dan tidak menggunakan secara berlebihan . 

7. Menggunakan Template Sembarangan 
Yap seperti yang anda ketahui biasanya para pemula hanya memilih template secara sembarangan / acak dan hanya mementingkan kecantikan / bagusnya tampilan sebuah template tanpa memperhatikan kualitas template sendiri seperti kecepatan loading template , title tag ,tag heading , tombol berbagi serta berbagai macam kualitas template lainnya  . 

Perlu diketahui bahwa memilih template sendiri harus anda lakukan secara hati hati dan tidak sembarangan karena diluar sana ada banyak sekali template yang beredar di berbagai di website / blog namun hanya sedikit saja template yang SEO Friendly . Selain itu pastikan anda juga memilih template dengan desain mobile friendly agar pengunjung lebih mudah untuk mengakses blog anda pastinya . Salah satu contoh template SEO Friendly adalah template yang sedang saya gunakan di blog rolanddio23 ini .

Artikel yang telah anda baca adalah murni dari hasil pengalaman saya sendiri , sebenarnya ada cukup banyak kesalahan SEO lainnya namun di postingan ini saya hanya mengambil inti inti nya saja agar lebih mudah untuk diterangkan kepada anda . Saya sendiri bukanlah master SEO , saya sendiri sama juga masih belajar namun tips tips di atas adalah hasil analisa dan pengalaman saya sendiri yang saya bagikan kepada anda semua yang saya harap artikel ini bisa membantu para blogger pemula khususnya untuk melakukan Teknik SEO yang benar. 
Judul: 7 Kesalahan SEO yang Sering Dilakukan Pemula
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Roland Dio






Related Post :
Posted by Roland Dio , Published at Selasa, Februari 06, 2018 and have 0 komentar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar